Langsung ke konten utama

KARTIKA KALENDER SUNDA : Etnomatematika dalam ๐’๐ข๐ฌ๐ญ๐ž๐ฆ ๐๐ž๐ง๐š๐ง๐ ๐ ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐’๐ž๐ง๐ข Tari

Etnomatematika dalam ๐’๐ข๐ฌ๐ญ๐ž๐ฆ ๐๐ž๐ง๐š๐ง๐ ๐ ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐๐š๐ง ๐’๐ž๐ง๐ข Tari



Sebuah bangsa menjadi besar karena pondasi budaya yang mengakar kokoh. Adanya berbagai kelompok masyarakat yang beragam, keragaman budaya di Indonesia merupakan sebuah potensi yang perlu di manfaatkan agar dapat mewujudkan kekuatan yang mampu menjawab berbagai tantangan saat ini seperti melemahnya budaya lokal sebagai bagian dari masyarakat.

Hal ini di khawatirkan akan menurunnya kebanggaan nasional yang dapat menimbulkan disintegrasi sosial.



TARI sebagai pendidikan sudah menjadi salah satu fungsi tari. Tari sebagai salah satu bentuk pendidikan seni mengandung sikap estetis yang berguna.  Di mana untuk membentuk manusia sebagai pribadi yang memperhatikan lingkungan sosial, budaya dan hubungan dengan Tuhan.

 


Kalender nasional dan kalender tradisional agaknya masih hidup berdampingan. Seringkali keduanya memang memiliki fungsi dan makna yang berbeda antara satu dengan lainnya.



Menariknya, yang disebut sebagai kalender tradisional bukan mustahil sesungguhnya merupakan buah kreativitas dinamik dari masyarakat etnis tertentu terhadap sistem kalender tertentu, yang sesungguhnya berasal dari luar Indonesia. Artinya, dalam proses adopsi ini pasti terdapat fenomena “pe-lokalisasi-an” secara kreatif.

Ya, kalender tertentu itu bukan hanya semata diadopsi secara serta-merta oleh kelompok etnis pengguna, melainkan juga telah diadaptasikan dengan konteks lokal setempat.

Setelah diadopsi, juga diadaptasi sedemikian rupa. Barulah, kalender itu dalam proses perjalanannya lekat menjadi bagian pembentuk representasi identitas dan jati diri etnis penggunanya.


Sebagai contoh, dalam Etnomatematika merupakan cara-cara khusus yang dipakai oleh suatu kelompok budaya atau masyarakat tertentu dalam aktivitas matematika. Aktivitas matematika adalah aktivitas yang di dalamnya terjadi proses pengabstraksian dari pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari ke dalam matematika atau sebaliknya, yang meliputi aktivitas mengelompokkan, berhitung, mengukur, merancang  bangunan  atau  alat,  membuat  pola,  membilang,  menentukan  lokasi,  bermain, menjelaskan,  dan  sebagainya.


๐’๐ž๐ง๐ข ๐ญ๐š๐ซ๐ข ๐๐š๐ง ๐ค๐š๐ฅ๐ž๐ง๐๐ž๐ซ ๐ญ๐ซ๐š๐๐ข๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐š๐ฅ ๐ฌ๐ž๐›๐š๐ ๐š๐ข ๐–๐š๐๐š๐ก ๐Š๐ž๐ญ๐š๐ก๐š๐ง๐š๐ง ๐๐ฎ๐๐š๐ฒ๐š


Prof. Dr. Endang Caturwati, ๐’.๐’.๐“., ๐Œ.๐’. ๐‘Ž๐‘‘๐‘Ž๐‘™๐‘Žโ„Ž ๐บ๐‘ข๐‘Ÿ๐‘ข ๐ต๐‘’๐‘ ๐‘Ž๐‘Ÿ ๐‘†๐‘’๐‘›๐‘– ๐‘ƒ๐‘’๐‘Ÿ๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘—๐‘ข๐‘˜๐‘Ž๐‘› ๐ผ๐‘›๐‘‘๐‘œ๐‘›๐‘’๐‘ ๐‘–๐‘Ž ๐‘‘๐‘– ๐ผ๐‘›๐‘ ๐‘ก๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘ก ๐‘†๐‘’๐‘›๐‘– ๐ต๐‘ข๐‘‘๐‘Ž๐‘ฆ๐‘Ž ๐ผ๐‘›๐‘‘๐‘œ๐‘›๐‘’๐‘ ๐‘–๐‘Ž (๐ผ๐‘†๐ต๐ผ) ๐ต๐‘Ž๐‘›๐‘‘๐‘ข๐‘›๐‘”; Pemrakarsa Citra Perempuan Nusantara (๐‘˜๐‘œ๐‘š๐‘ข๐‘›๐‘–๐‘ก๐‘Ž๐‘  ๐‘ค๐‘Ž๐‘‘๐‘Žโ„Ž ๐‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘Ž ๐‘–๐‘›๐‘ก๐‘’๐‘™๐‘’๐‘˜๐‘ก๐‘ข๐‘Ž๐‘™ ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘’๐‘š๐‘๐‘ข๐‘Ž๐‘› ๐‘‘๐‘Ž๐‘Ÿ๐‘– ๐‘๐‘’๐‘Ÿ๐‘๐‘Ž๐‘”๐‘Ž๐‘– ๐‘™๐‘–๐‘›๐‘ก๐‘Ž๐‘  ๐‘‘๐‘–๐‘ ๐‘–๐‘๐‘™๐‘–๐‘›)


Di tengah kesibukannya sebagai seorang birokrat, Wanita yang puluhan tahun menggeluti dunia seni tari membuatnya lebih mencintai budaya Indonesia. Dengan keragaman kultur, Endang Caturwati mengakui kekayaan seni tari Nusantara. Tak berhenti di situ, Wanita yang pernah menjabat sebagai Rektor ISBI Bandung ini ternyata karyanya itu memiliki makna filosofis yang cukup dalam.

"๐‘บ๐’†๐’Ž๐’–๐’‚ ๐’๐’‚๐’ˆ๐’– ๐’•๐’‚๐’“๐’Š๐’‚๐’ ๐’”๐’‚๐’š๐’‚ ๐’Š๐’๐’•๐’Š๐’๐’š๐’‚ ๐’ƒ๐’†๐’“๐’•๐’–๐’‹๐’–๐’‚๐’ ๐’…๐’‚๐’Œ๐’˜๐’‚๐’‰ ๐’‘๐’‚๐’๐’Š๐’๐’ˆ ๐’•๐’Š๐’…๐’‚๐’Œ ๐’–๐’๐’•๐’–๐’Œ ๐’…๐’Š๐’“๐’Š ๐’”๐’‚๐’š๐’‚, ๐’‚๐’๐’‚๐’Œ ๐’”๐’‚๐’š๐’‚ ๐’…๐’‚๐’ ๐’„๐’–๐’„๐’– ๐’”๐’‚๐’š๐’‚”


SELAMAT dan SUKSES Prof.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaahรฉngan Jembatan Ciganรฉa Mobil Mindeng Tikusruk ka Jurang

  Mobil treuk tikusruk dii Jembatan Cigan รฉa, Jatiluhur, Purwakarta.* Laporan : Heri Purnomo Kaahรฉngan Jembatan Ciganรฉa Mobil Mindeng Tikusruk ka Jurang CIGANEA – Warta Sunda Nusantara, Jembatan Cilampahan, Ciganรฉa Kabupatรฉn Purwakarta sering aya mobil tikusruk ka jurang. Keur mah di wewengkon รฉta mindeng kajadian. Ceuk sakaol mah รฉta tรฉh aya nu ngageueuh. Malah ceuk kolot baheula tiap kendaraan nu kadinya kudu mรฉrรฉ kode ngelaksonan tilu kali. Cirining masihan pennghargaan ka nu ngageugeuh jembatan รฉta.   Saperti ayeuna, poรฉ Salasa (29/9/2020) mobil treuk tikusruk jam 07.35 WIB di jembatan Cilampahan – Ciganรฉa. Ngan untung Supir jeung Keneka salamet.   Nepika turun warta ieu can meunang hasil katerangan ti pihak korban sarta pihak kepulisian.*** Heri Purnomo

10 Imah Warga di Kp. Cisarua Dรฉsa Sukamulya, Tegalwaru Kabawa Angin

  PURWAKARTA – Warta Sunda Nusantara, Sapuluh imah milik warga Kampung Cisarua RW.02 RT.013 sarta RT.14 Dรฉsa Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Kabupatรฉn Purwakarta, poรฉ Saptu (26/9/2020) keuna kamusibahan angin puting beliung, nu ngabalukarkeun imah warga ancur. Dina hal ieu mah teu aya korban jiwa tina musibah รฉta, lantaran wargana aya dilaluar imah.   Kajadian angin gedรฉ รฉta datangna ti beulah kidul kira-kira 16.00 WIB. Musibah รฉta ngabalukarkeu kenteng-kenteng imah tur kai-kai penyanggah imahna ogรฉ kabawa ngapung teu kuat nahan angin. "Kajadian lumangsung aya kana 10 menitan," kitu ceuk Sopandi (68) warga setempat ka Warta Sunda Nusantara, poรฉ Ahad (27/9/2020).   Nurutkeun sumber, yรฉn imah warga ancur akibat angin puting beliung รฉta diantrana imah 1. Bapa Sudirman kamar jeung dapur roboh, 2. Bapa Uud kentengna haliber, 3. Bapa Asรฉp hateup dapur kabawa ngapung, 4. Bapa Denih ogรฉ hateup imah katut kentengna ka bawa ngapung, 5. Bapa Tupiadi asbes kentengna ka bawa ngapu

Poรฉ ieu : H. Suhaemi UPTD Manten Plered, Tilar Dunya

  Warta Sunda Nusantara, Innalilahi wainnailaihi rojiuun, Titis tulis Bagja diri, takdir teu bisa dipungkir, qodar teu bisa dipungpang, poรฉ Ahad ieu, poรฉ punungtung pikeun H. Suhaemi, S.Pd, M.Pd (Ka. UPTD Plered Manten) dina  ngambah Sagara Kahuripan di alam Dunya. Poรฉ ieu Pa Haji Suhaรฉmi mulang ka alam kalanggengan, nyungsi poรฉ panjang anu sampurna.  Ngantunkeun dina dinten Ahad, ping 20 September 2020, jam 18.45 WIB, di RS. Bayu Asih Purwakarta. Mugia mulangna Almarhum sing dipapag ku kanyaahna Gusti nu murbeng alam, ogรฉ mugia Gusti nu Maha welas tur Maha Asih, meresihan diri Almarhum. Tina Sagala dosa, malah mandar Almarhum cicing tumaninah Dina sawargana Alloh...... Aamiin yaarobbal Alamiin...